Doa dan Adab Ketika akan masuk Masjid

Doa dan Adab Ketika akan masuk Masjid


Masjid adalah tempat ibadah umat islam yang disebut juga dengan rumah Allah SWT. Untuk itu sebelum menginjakkan kaki ke dalam masjid, ada adab yang harus diperhatikan dan dijaga sebagai bentuk penghormatan.

Sebagai tempat peribadatan, kesakralan Masjid harus dijaga denga cara memperhatikan adab dan etika berperilaku yang baik.

Adab Masuk Masjid

Sebagaimana dimuat pada laman NU Online, berikut ada  beberapa adab-adab yang harus kita lakukan saat kita akan memasuki masjid.

  • Suci dari hadas atau najis, baik pada kotoran, perilaku maupun perkataan.
  • Memakai pakaian menutup aurat, sopan, tidak mencolok berlebihan.
  • Menggunakan wewangian secukupnya serta hindari mengonsumsi sesuatu yang beraroma menyengat.
  • Saat masuk masjid dahulukan dengan kaki kanan dan membaca doa masuk masjid.
  • Niatkan beriktikaf semata-mata beribadah kepada Allah.
  • Menunaikan dua rakaat tahiyatul masjid.
  • Dahulukan dengan kaki kiri saat keluar masjid dan membaca doa keluar masjid.


Doa Masuk Masjid

Sebelum memasuki Masjid, kita disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Kemudian kita dianjurkan memasuki masjid dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu.

Untuk doa masuk masjid adalah sebagai berikut:

Doa masuk Masjid sesuai sunnah

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Alloohummaf tahlii abwaaba rohmatika

Artinya: "Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku."


Doa masuk Masjid lengkap

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A'udzu billahil 'azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah yang Maha Besar, kepada Zat-Nya yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan terlantar, dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidah Muhammad dan atas keluarga Sayyidah Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu." (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-Aidrus Jakarta).

Berikut diatas adab dan doa masuk masjid yang perlu diperhatikan seorang muslim. Semoga kita senantiasa bisa menjaga adab, etika dan kebiasaan baik kita selama di Masjid atau dimanapun berada. Semoga Bermanfaat !!