Doa Cepat Lunas Hutang

Doa Cepat Lunas Hutang

Doa Cepat Lunas Hutang | Hidup paling tanpa beban adalah salah satunya apabila kita tidak punya hutang. Namun tidak semua orang bisa terhindar dari hutang. Entah karena terpaksa kebutuhan yang tidak bisa dihindari atau karena gaya hidup yang membuat kita banyak pengeluaran dari pada pemasukan.

Tentu semua orang ingin terbebas dari jeratan hutang. Banyak cara ditempuh baik itu melalui usaha kerja yang keras atau naudzubillah, terjerumus untuk pergi ke dukun meminta cepat lunas hutang.

DOA LUNAS HUTANG

Daripada kita terjerumus dalam jalan kesesatan untuk melunasi hutang, ada baiknya kita bekerja keras dan dibarengi dengan doa kepada Allah SWT agar rejeki kita lancar sehingga hutang kita cepat lunas dan kita tidak berhutang lagi di kemudian hari.

Doa ini kami ambil dari beberapa hadist nabi sehingga insya Allah akan terhindar dari kesesatan.

1. Doa Pelunas Utang Riwayat Muslim

Salah satu doa pelunas utang berikut ini diambil dari hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Zuhair bin Harb. Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan:

" Allahumma robbas-samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri."

Artinya:

“ Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

2. Doa Pelunas Utang Riwayat Tirmidzi

doa yang kedua adahah dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Doa ini diajarkan Rasulullah SAW. kepada Ali bin Abi Thalib RA. Berikut bacaan doanya:


اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ


Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya:

“ Ya Allah, cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu.” (HR Tirmidzi)

3. Doa Pelunas Utang Riwayat Abu Dawud

Selanjutnya, doa pelunas utang yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Doa ini diajarkan Rasulullah SAW kepada Muadz bin Jabal RA. Dalam riwayatnya, setelah memanjatkan doa ini, Allah SWT memenuhi utang yang dimiliki Muadz.


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ


Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.


Artinya:

“ Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR. Dawud)

4. Doa Pelunas Utang Riwayat Thabrani

Bacaan doa pelunas utang yang terakhir kami ambil berdasarkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Abu Umamah RA. Hadis ini diriwayatkan oleh Thabrani ini adalah sebagai berikut berikut:


اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير رحمن الدنيا والآخرة ورحيمهما تعطيهما من تشاء وتمنع منهما من تشاء ارحمني رحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك


Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka.


Artinya:

“ Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan , karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR. At Thabrani).

Demikian tadi beberapa doa yang bisa diamalkan untuk mendampingi kerja keras kita agar hutang hutang kita cepat terlunasi. Harapannya ridho Allah SWT akan hadir kepada usaha kita. Aamiin ya Robbal Alamiin.

Baca Juga :
- Doa Masuk Masjid